Mengenal Komponen-Komponen pada Kulkas

by LG Indonesia, 15 Nov 2011

Menurut Wikipedia, kulkas atau lemari es atau peti sejuk adalah sebuah alat rumah tangga listrik yang menggunakan refrigerasi (proses pendingin) untuk pengawetan makanan. Oleh karena itu, kini kulkas menjadi peralatan rumah tangga yang wajib ada di setiap rumah guna menyimpan makanan-makanan yang dimiliki sehingga tidak cepat rusak.

Kemampuannya untuk mengawetkan makanan dengan cara membekukannya tentunya tidak terlepas dari komponen-komponen kulkas yang pada umumnya ada di setiap kulkas. Berikut ini adalah beberapa komponen-komponen penting yang terdapat di dalam kulkas:

    1. Kompresor

      Kompresor

      Kompresor merupakan bagian paling penting dari kulkas. Kompresor memiliki fungsi untuk memompa bahan pendingin (refrigerant) ke seluruh bagian kulkas.

    2. Kondensor
      Kondensor
      Kondensor adalah alat penukar kalor untuk mengubah wujud gas bahan pendingin pada suhu dan tekanan tinggi menjadi wujud cair. Jenis kondensor yang banyak digunakan pada teknologi kulkas saat ini adalah kondensor dengan pendingin udara. Yang digunakan pada sistem refrigrasi kulkas kecil maupun sedang. Kondensor seperti ini memiliki bentuk yang sederhana dan tidak memerlukan perawatan khusus. Saat lemari es bekerja kondensor akan terasa hangat bila dipegang.
    3. Filter
      Filter
      Filter(saringan) berguna menyaring kotoran yang mungkin terbawa aliran bahan pendingin setelah melakukan sirkulasi. Sehingga tidak masuk kedalam kompresor dan pipa kapiler. Selain itu, bahan pendingan yang akan disalurkan pada proses berikutnya lebih bersih sehingga dapat menyerap kalor lebih maksimal.
    4. Evaporator
      Evaporator
      Evaporator berfungsi menyerap panas dari benda yang di masukkan kedalam kulkas. Kemudian evaporator menguapkan bahan pendingin untuk melawan panas dan mendinginkannya. Sesuai fungsinya evaporator adalah alat penguap bahan pendingin agar efektif dalam menyerap panas dan menguapkan bahan pendingin, evaporator dibuat dari bahan logam anti karat, yaitu tembaga dan almunium.
    5. Thermostat
      Thermostat
      Thermostat memiliki banyak sebutan antara lain temperatur kontrol dan cool control. Apapun sebutannya, thermostat berfungsi mengatur kerja kompresor secara otomatis bedasarkan batasan suhu pada setiap bagian kulkas. Thermostat biasanya disebut saklar otomatis yang bekerja berdasarkan pengaturan suhu. Jika suhu evaperator sesuai dengan pengatur suhu thermostat, secara otomatis thermostat akan memutuskan listrik ke kompresor.
    6. Heater
      Heater
      Hampir keseluruhan kulkas nofrost dan sebagian kecil kulkas defrost dilengkapi dengan pemanas(heater). Pemanas berfungsi mencairkan bunga es yang terdapat di evaporator. Selain itu, pemanas dapat mencegah terjadinya penimbunan bunga es pada bagian rak es dan rak penyimpan buah di bawah rak es.
    7. Fan Motor
      Fan motor atau kipas angin berguna untuk menghembuskan angin. Terdapat 2 jenis fan yang terdapat pada kulkas:

      1. Fan motor evaporator
        Fan Motor
        Berfungsi menghembuskan udara dingin dari evaporator keseluruh bagian rak (rak es, sayur, dan buah).
      2. Fan motor kondensor
        Kipas angin ini diletakkan pada bagian bawah kulkas yang memiliki kondensor yang berukuran kecil. Kipas angin ini berfungsi mengisap atau mendorong udara melalui kondensor dan kompresor. Selain itu, berfungsi juga untuk mendinginkan kompresor.
    8. Overload Motor Protector
      Overload Motor Protector
      Merupakan komponen pengaman yang letaknya menyatu dengan terminal kompresor. Cara kerjanya serupa dengan saklar yang dapat menyambung dan memutus arus listrik. Alat ini dapat melindungi komponen kelistrikan dari kerusakan akibat arus yang dihasilkan kompresor melebihi arus acuan normal.
    9. Refrigerant
      Refrigerant
      Refrigerant adalah zat yang mudah diubah wujudnya dari gas menjadi cair ataupun sebaliknya. Jenis bahan pendingin sangat beragam. Setiap jenis bahan pendingin memiliki karakteristik yang berbeda.
      Karakteristik dari refrigerant:
      1. Tidak beracun, berwarna, dan berbau
      2. Bukan termasuk bahan yang mudah terbakar.
      3. Bukan penyebab korosif
      4. Dapat bercampur dengan minyak pelumas kompresor
      5. Memiliki struktur kimia yang stabil
      6. Memiliki titik didih yang rendah
      7. Memiliki tekanan kondensasi yang rendah
      8. Memiliki tingkat penguapan yang rendah
      9. Memiliki kalor laten yang rendah
      10. Memiliki harga yang relatif murah.

LG sebagai salah satu produsen terkemuka, menyediakan berbagai jenis kulkas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat melihat di website LG untuk memperoleh informasi produk terbaru LG beserta teknologi yang dimilikinya. Atau scan QR Code berikut ini untuk mengunjungi website LG via mobile. (ric)
LG QR Code

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>