Belum Mengregistrasi Ulang Nomor Prabayar, Berikut Dampaknya

Lgindonesiablog.com – Beberapa bulan lalu melalui Kementerian Kominfo, pemerintah Republik Indonesia telah sampaikan registrasi ulang nomor prabayar untuk seluruh pengguna ponsel. Tercatat, hingga┬á 28 Februari 2018 pukul 12.52 WIB, sudah ada 305.782.219 nomor pelanggan yang diregistrasikan.

Tanggal 28 Februari 2018 merupakan batas akhir registrasi ulang nomor prabayar. Bagi pelanggan yang belum mengregistrasi ulang hingga tanggal tersebut, akan dilakukan pemblokiran layanan secara bertahap.

Tahap pemblokiran akan dilakukan dengan beberapa ketentuan. Mulai 1 Maret 2018, dilakukan pemblokiran layanan panggilan keluar (outgoing call) dan layanan pesan singkat (outgoing SMS).

Dalam kondisi tersebut, pelanggan masih dapat menerima panggilan dan SMS, termasuk menggunakan paket data untuk internet. Masa pemblokiran ini akan berlaku sampai 31 Maret 2018 dan diharapkan diperiode ini pelanggan segera melakukan registrasi.

1 April 2018 bila masih belum juga mengregistrasi ulang, terpaksa akan dilakukan pemblokiran layanan panggilan masuk (incoming call) dan menerima layanan pesan singkat (incoming SMS). Jadi pengguna tidak akan bisa menerima telepon atau SMS masuk dan pemblokiran tidak meliputi layanan data internet.

Jika pelanggan tidak melakukan registrasi sampai tanggal 30 April 2018, per 1 Mei 2018 akan dilakukan pemblokiran total. Dalam keadaan ini, pelanggan tidak dapat melakukan panggilan dan SMS keluar, tidak bisa menerima telepon dan SMS, dan layanan data juga tidak dapat digunakan.

Pemerintah juga turut menginformasikan terima kasih kepada seluruh pelanggan yang telah melakukan registrasi serta menggunakan NIK dan No. KK secara benar, sesuai peraturan perundang-undangan.

Masyarakat juga diharapkan agar tidak menggunakan NIK dan No. KK secara tanpa hak untuk melakukan registrasi, termasuk yang diperoleh dari internet dan sumber lain, karena ini merupakan pelanggaran hukum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *