Apple Kembali Digugat Oleh Qualcomm Lantaran Salahi Kontrak Kesepakatan

Lgindonesiablog.com – Pihak dari Apple telah melakukan sebuah pelanggaran yang bukan kali pertamanya dilakukan. Pelanggaran yang dilakukan yaknni menyalahi kontrak lisensi software. Parahnya lagi Apple tidak hanya menyalahi namun juga membocorkan rahasia mereka ke pihak intel.

Akibat dari pelanggaran tersebut Apple kembali digugat oleh pihakĀ  Qualcomm. Gugatan tersebut kabarnya sudah terdaftar di Pengadilan California dengan perkara Apple telah melanggar sebuah kontrak yang mengatur penggunaan software milik Qualcomm.

Software tersebut memiliki peran yang begitu penting yakni salah satu langkah yang dijadikan untuk membuat chip Qualcomm agar bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan beberapa komponen yang lainnya di ponsel.

Pihak Qualcomm menegaskan bahwa Apple tidak bisa melindungi software miliknya dan tak membolehkan Qualcomm untuk mengaudit bagaimana cara Apple mengurus software tersebut. Hal tersebut sebenarnya sudah tertulis dengan jelas pada perjanjian kontrak antara apple dan Qualcomm.

Parahnya lagi, Apple justru meminta informasi yang sangat rahasia kepada pihak Qualcomm dan juga melibatkan engineer intel untuk masuk daftar distribusi permintaan tersebut. Dalam gugatan yang sama juga disebutkan seorang engineer Apple bekerja yang sama dengan kompetitornya meminta informasi rahasia Qualcomm terkait teknologi download data.

Gugatan ini muncul beberapa hari setelah muncul informasi soal Apple tak akan menggunakan komponen dari Qualcomm untuk iPhone dan iPad yang akan dirilis pada 2018 mendatang, Jumat (3/11/2017).

Jika hal ini benar terjadi, Qualcomm akan kehilangan pemasukannya sebesar 7,5%. Namun rencana Apple tersebut saat ini disebut masih dalam tahap awal, dan masih bisa berubah.

Gugatan ini menambah panjang daftar perselisihan antara Apple dan Qualcomm di meja hijau. Sebelum ini ada gugatan terkait biaya lisensi Qualcomm yang disebut terlalu tinggi, yang disebut Apple sangat tidak adil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *