Apple Tersingkir Oleh Produk China

Lgindonesiablog.com – Pada tahun lau yanki 2016 Apple berhasil menguasai pangsa pasar dunia hingga mencapai 50 persen sendiri, namun berbeda dengan keadaan yang ada di pasar sekarang. Kedudukan Apple sudah mulai tersalip oleh pendatang baru yakni Xiaomi yang berasal dari negara China.

Apple yang tadinya mampu menguasai pasaran wearable device (smartwatch) harus rela dilasip oleh produk China. Posisi Apple sudah disalip oleh Xiaomi yang membukukan pengapalan produk wearable device sebesar 3,7 juta unit pada kuartal-II 2017, menurut firma riset pasar Strategy Analytics.

Kini Xiaomi berhasil mendapatkan peringkat sebagai pebrikan wearable device terbesar di dunia dengan market share (17,1 persen).

Di bawah Xiaomi bercokol Fitbit dengan pengapalan 3,4 juta unit (market share 15,7 persen). Sementara, Apple ada di urutan ketiga dengan shipment di kisaran 2,8 juta unit (market share 13 persen).

Dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya, pengapalan wearable device Xiaomi meningkat sekitar 700 ribu unit, sementara Apple lebih banyak di angka 1 juta unit.

Sebaliknya,  dari GSM Arena, Rabu (16/8/2017), angka pengapalan wearable device Fitbit turun jauh sebesar 1,7 juta unit.

Dari kategori dan segmentasi produk, terdapat perbedaan antara Apple dan dua pabrikan lain di tiga besar. Apple memgandalkan arloji pintar Watch yang harga jualnya lebih mahal dibanding produk-produk gelang pintar yang dikedepankan Xiaomi dan Fitbit.

Secara keseluruhan, pasaran wearable device global tumbuh sebesar 8 persen year-on-year pada kuaral-II 2017 dengan total angka pengapalan 21,6 juta unit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *